Rabu, 17 Februari 2016

7 Khasiat dan Cara Mengolah Biji Selasih yang Benar

7 Khasiat dan Cara Mengolah Biji Selasih - Biji selasih atau sering disebut dengan telur kodok merupakan salah satu jenis bahan alami yang biasanya digunakan sebagai tambahan dalam membuat es ataupun minuman dingin. Bentuk mentah dari biji selasih ini berwarna hitam, kemudian jika direndam maka akan berubah menjadi menggelembung putih dan terdapat bintik hitam di dalamnya. Rasa dari biji selasih ini memang tidak enak jika langsung dikonsumsi. Akan lebih enak jika biji selasih diolah juga dicampur dengan bahan lainnya. Ada banyak cara mengolah biji selasih, bisa dicampur dengan es campur, es sirup, juga berbagai minuman segar yang lainnya.

cara merendam biji selasih,cara memasak biji selasih kering,biji selasih dari tanaman apa,manfaat biji selasih kumpulan tips,cara mengolah biji selasih mentah,cara mengolah biji selasih kering,
www.albumcara.com

Dalam mengolah biji selasih tidak hanya bisa dicampur dengan minuman segar saja. Biji selasih yng masih mentah bisa direbus kemudian diminum airnya. Air rebusan biji selasih ini tidak hanya menyegarkan namun juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Berikut ini akan disajikan 7 khasiat biji selasih untuk kecantikan juga kesehatan beserta cara mengolahnya:

1. Membantu diet
Serat yang terkandung dalam biji selasih ini cukuplah banyak dan menyehatkan. Untuk Anda ynag sedang melakukan diet sangat disarankan untuk mengkonsumsi biji selasih. Cara mengolahnya untuk minuman diet yaitu dengan merendam biji selasih kemudian minum airnya bersama dengan biji-bijinya.
2. Mengobati infeksi pada kulit
Biji selasih juga mengandung minyak alami ynag bisa digunakan untuk mengobati infeksi pada kulit. Tumbuklah biji selasih kemudian balurkan pada kulit yang terkena infeksi. Lakukan hal ini secara rutin sampai infeksi pada kulit sembuh.
3. Mengurangi kadar gula dalam darah
Mengkonsumsi selasih juga bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Biji selasih mengandung insulin alami yang bisa menormalkan kembali kadar gula dalam darah para pasien diabetes.
4. Mengurangi stres
Efek lainnya yang bisa ditimbulkan oleh biji selasih adalah efek menenangkan. Mengkonsumsi air rebusan biji selasih sebanyak 2 sendok teh setiap harinya bisa membantu mengurangi stres dan mempercepat penyembuhan depresi.
5. Mengurangi gangguan pernafasan
Untuk mengurangi gangguan pernafasan, Anda bisa mencampurkan biji selasih yag sudah direndam ke dalam air rebusan jahe. Ramuan ini sangatlah efektif untuk mengurangi gangguan sesak nafas dan asma.
6. Mengurangi efek dari nikotin rokok
Jika Anda perokok, sangat disarankan untuk sering mengkonsumsi biji selasih karena biji selasih bisa membersihkan paru-paru juga darah dari efek nikotin yang membahayakan tubuh.
7. Menguatkan kekebalan tubuh
Kandungan antioksidan dan vitamin C yang ada dalam biji selasih ini cukup tinggi sehingga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh dengan cara menguatkan kekebalan tubuh.
Untuk mendapatkan khasiat dari biji selasih ini, tidak hanya bisa dilakukan dengan cara mengolah biji selasih seperti yang dijelaskan dalam setiap khasiat. Anda juga bisa mengolah biji selasih ini menjadi minuman yang segar dan menyehatkan. Salah satu minuman segar yang bisa dibuat dengan menggunakan biji selasih adalah es biji selasih dan mentimun. Biji selasih yang kaya akan khasiat dipadukan dengan mentimun yang juga mempunyai banyak sekali khasiat maka semakin menyehatkan pula minuman ini.

cara merendam biji selasih,cara memasak biji selasih kering,biji selasih dari tanaman apa,manfaat biji selasih kumpulan tips,cara mengolah biji selasih mentah,cara mengolah biji selasih kering,

Bahan dan Cara Membuat Es Biji Selasih dan Mentimun

Bahan yng diperlukan untuk membuat es biji selasih dan mentimun ini adalah:
• Mentimun 200 gram
• Air secukupnya
• Es serut sesuai selera
• Biji selasih yang sudah direndam dalam air sebanyak 2 sendok makan
• Sirup melon secukupnya, Anda juga bisa mengganti rasa sirup sesuai selera

Adapun cara membuat es ini yaitu:

1. Buanglah biji mentimun, kemudian parut mentimun lalu sisihkan dalam sebuah wadah. Sebelum diparut, sebaiknya cuci bersih mentimunnya terlebih dahulu.
2. Tuangkan sirup dalam gelas saji kemudian tambahkan air secukupnya dann aduk sampai rata.
3. Masukkan parutan mentimun dan biji selasih serta es serut secukupnya sesuai selera.
4. Sajikan es biji selasih dann mentimun ini selagi dingin.

Pasti sangat menyegarkan jika meminum es biji selasih dan mentimun ini di siang hari yng terik. Selain menyegarkan tubuh, Anda juga bisa mendapatkan banyak khasiat dari biji selasih dann mentimun. Jangan ragu lagi untuk sering mengkonsumsi es biji selasih ataupun air rebusan biji selasih karena khasiatnya sangatlah banyak untuk kesehatan tubuh. Jika Anda tidak suka makan es maka Anda bisa mengolah biji selasih dengan cara mencampurkannya dengan sirup atau meminum air rebusannya saja.

Baca Juga : Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat