Sabtu, 13 Februari 2016

Cara Mengolah Buah Bit Rumahan Yang Enak dan Mudah

Cara Mengolah Buah Bit Rumahan Yang Enak dan Mudah - Mungkin banyak masyarakat yang tidak tahu apa itu buah bit, seperti apa bentuknya, apalagi rasanya. Pastinya namanya pun terdengar asing dan aneh. Buat bit ini berasal dari Amerika, bukan Indonesia. Namun kini masyarakat Indonesia mulai banyak yang membudidayakannya karena mengetahui manfaat buah bit yang luar biasa. Buah bit ini sebenarnya merupakan akar umbi-umbian, bentuknya pun mirip seperti umbi dengan warnanya yang merah. Sepintas jika dilihat ketika sudah jadi minuman, buah bit ini terlihat begitu menarik tapi baunya yng kurang enak membuat orang kurang menyukainya. Yah, namanya saja minuman kesehatan, tentu tidak seperti jus buah pada umumnya.

cara mengolah buah bit untuk meningkatkan hb,cara mengolah buah bit untuk anemia,cara mengolah buah bit untuk ibu hamil,cara mengolah buah bit merah,cara mengolah buah bit menjadi jus,

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengolah buah bit rumahan yang enak, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kandungan nutrisi yang ada dalam buah bit ini. Mengkonsumsi buah bit sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tanpa olahraga berlebihan seperti gym, tubuh Anda akan tetap segar sepanjang hari. Dalam segelas jus buah bit terkandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, antara lain kalori yang cukup rendah, protein, karbohidrat, zat besi, vitamin A dan vitamin C. Luar biasa bukan kandungan yang ada di dalam buah bit. Vitamin C seperti yng Anda tahu dapat mencegah sariawan dan vitamin A baik untuk kesehatan mata.

Adapun Beberapa Cara Mengolah Buah Bit Rumahan Yang Enak

Jus Buah Bit

Bahan-bahan:
• Buahbit berukuran sedang
• Dua gelas air putih
• Es batu secukupnya
Cara membuat:
1. Siapkan terlebih dahulu sebuah blender.
2. Kupas dan bersihkan buah bit dan belahlah menjadi beberapa bagian.
3. Masukkan potongan buah bit dalam blender.
4. Masukkan air daan nyalakan blender.
5. Blenderlah sampai halus.
6. Hidangkan jus dalam gelas dan tambahkan es batu ke dalamnya.
7. Jus buahbit pun siap dinikmati.
Jika kurang suka dengan bau buahbit, Anda bisa menambahkan kayu manis atau wortel dan rasanya pun akan lebih manis, tanpa gula. Buah bit mirip umbi-umbian, sehingga rasanya hambar. Maka Anda bisa menambahkan dengan kayu manis. Caranya cukup mudah, yaitu rebus kayu manis kemudian gunakan airnya untuk membuat jus. Sedangkan untuk wortel, campurkan saja jua wortel dengan jus buah bit.

cara mengolah buah bit untuk meningkatkan hb,cara mengolah buah bit untuk anemia,cara mengolah buah bit untuk ibu hamil,cara mengolah buah bit merah,cara mengolah buah bit menjadi jus,

Sup Buah bit

Selain dibuat menjadi minuman, buahbit ini pun dapat diolah menjadi masakan yng sehat dan siap disajikan untuk keluarga. Contohnya adalah sop buahbit. Hampir semua orang pasti suka sup, tapi bagaimana rasanya kalau dicampur dengan buah bit. Ya, langsung saja inilah cara membuat sup buah bit.
Bahan-bahan:
• 100 gr buahbit, potong sesuai dengan selera
• 50 gr lobak, dipotong-potong
• 1 wortel, dipotong
• 250 gr tomat
• 3 siung bawang putih, dicincang
• 750 cc air
• 1 sdt lada bubuk
• Garam secukupnya
• Kaldu ayam bubuk secukupnya
• 2 sdt gula pasir
• 1 bawang Bombay, dicincang
• 2 sdm pasta tomat
• 30 gr tepung terigu
• 1 batang seledri, diiris halus
Cara membuat sup buah bit:
1. Tuangkan air ke dalam sebuah panci dan biarkan hingga setengah mendidih.
2. Masukkan bawang putih, bawang Bombay, lada, garam, gula pasir, kaldu ayam, tomat kemudian biarkan hingga harum.
3. Masukkan buah bit, lobak, wortel, dan masak sampai lunak.
4. Masukkan pasta tomat, seledri, dan tepung terigu.
5. Aduk hingga rata dann masaklah hingga matang.
6. Sup buah bit pun siap dihidangkan.
Bagaimana, tertarik bukan dengan sup buah bit ini? Tidak perlu khawatir dengan bau buah bit yang kurang enak, karena baunya sudah tersamarkan dengan bahan-bahan lain. Soal rasa, tidak perlu ditanya karena dijamin enak dan rasanya tidak berbeda jauh dengan sup biasanya. Yuk, mulai konsumsi buah bit karena manfaatnya luar biasa.

Selain berguna untuk kesehatan, buah bit pun baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Bagi Anda yang bermasalah dengan kulit wajah seperti jerawat, komedo, wajah kusam, mata panda, kulit kering, dan menginginkan kulit wajah putih bisa memanfaatkan buah yang satu ini. Demikian ulasan mengenai cara mengolah buah bit rumahan yang enak, semoga bermanfaat.