Rabu, 17 Februari 2016

Tips Cara Mengolah Ikan Salmon yang Sehat

Tips Cara Mengolah Ikan Salmon - Salah satu ikan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan ibu hamil adalah ikan salmon. Jenis ikan yang hidup di air laut dan air tawar ini memang mempunyai banyak sekali mineral dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Setiap bagian tubuh ikan salmon mengandung mineral yang berbeda-beda dan semuanya baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan yang paling baik dalam ikan salmon terdapat pada bagian tubuh sampai ke bagian ekornya, oleh karena itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan salmon bagian badannya.

cara mengolah ikan salmon agar tidak amis,cara mengolah ikan salmon untuk bayi,cara mengolah ikan salmon untuk bayi 8 bulan,cara mengolah ikan salmon untuk balita,cara mengolah ikan salmon mentah,

Kandungan yang terdapat pada bagian badan ikansalmon ini di antaranya yaitu vitamin B12, omega 3, vitamin D, vitamin A, selenium, dan protein. Semua jenis zat mineral ini sangatlah baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk perkembangan otak. Sangat disarankan bagi para ibu hamil serta anak-anak untuk banyak mengkonsumsi ikan salmon agar memiliki otak cerdas dan bebas dari gangguan kerusakan otak. Namun sayangnya, banyak orang tua yang masih salah dalam mengolah ikan salmon dan menjadikan kandungan dalam ikan salmon menjadi berkurang bahkan hilang.

Cara mengolah ikan salmon ini berbeda dengn cara mengolah ikan pada umumnya karena kandungan dalam ikansalmon mudah hilang jika terkena panas. Biasanya orang luar negeri mengkonsumsi ikan salmon secara langsung tanpa dimasak terlebih dahulu atau dimakan mentah. Orang Jepang biasanya menjadikan salmon sebagai bahan utama dalam pembuatan Sushi. Kandungan mineral dan vitamin yang ada dalam ikansalmon mentah memang lebih banyak dibandingkan dengan salmon yang sudah dimasak.
Namun di Indonesia, memakan ikan mentah mungkin bukanlah hal yang biasa. Jadi Anda harus bisa mengolah ikan salmon ini dngan cara yang tepat agar kandungan mineral dan vitamin yang ada dalam ikan tetap terjaga dengn baik. Ada dua cara yang aman untuk mengolah ikan salmon ini yaitu dengan cara direbus dan dipanggang. Untuk anak-anak dan ibu hamil lebih disarankan untuk mengkonsumsi ikansalmon yang dimasak dengan cara direbus dari pada dipanggang karena kandungan mineral dan vitamin yang ada dalam ikansalmon rebus lebih banyak dibandingkan yang dipanggang.

A. Cara Mengolah Ikan Salmon dengan Dipanggang

Cara mengolah ikan salmon dengan cara dipanggang bisa dilakukan dengan beberapa teknik, diantaranya yaitu:
1. Dipanggang dengan oven
Cara memanggang ikansalmon yang paling mudah yaitu dengan menggunakan oven. Gunakan kertas alumunium untuk melapisi piring yang akan digunakan memanggang. Kemudian olesi ikan salmon dengan sedikit mentega lalu panggang dengan oven sampai agak kecokelatan kemudian angkat dan sajikan.
2. Dipanggang dengan wajan
Jika Anda tidak mempunyai oven, Anda bisa menggunakan wajan untuk memanggang ikansalmon ini. Olesi wajan dengan sedikit mentega kemudian pangganglah ikan salmon ini sampai agak kecokelatan. Sesekali baliklah ikan salmonnya agar matangnya merata. Anda juga bisa menambahkan taburan pada ikansalmon yang sedang dipanggang.
3. Dipanggang dengan teknik broiling
Anda juga bisa memanggang ikansalmon dengan teknik broiling, caranya sangatlah mudah Anda tinggal menggunakan wajan broiler untuk memanggangnya. Gunakan api kecil ketika memanggang ikansalmon agar tidak hangus. Wajan broiler ini merupakan wajan memanggang yang dilengkapi dengan sarangan agar pada saat memanggang daging tidak langsung terkena panas.
4. Dipanggang dengan teknik grill
Teknik memanggang dengan cara grill ini juga bisa digunakan untuk mengolah ikan salmon. Lapisi salmon dengan menggunakan plastik alumunium foil kemudian panggang dengan oven ataupun dengan wajan. Teknik memasak dengan cara grill ini hanya dilakukan sekitar 15 menit saja tidak boleh lebih agar kandungan dalam ikansalmon tetap terjaga dengan baik.

cara mengolah ikan salmon agar tidak amis,cara mengolah ikan salmon untuk bayi,cara mengolah ikan salmon untuk bayi 8 bulan,cara mengolah ikan salmon untuk balita,cara mengolah ikan salmon mentah,

B. Cara Mengolah Ikan Salmon dengan Di Rebus

Cara terbaik untuk mengolah ikan salmon yaitu dengan merebusnya. Merebus ikan salmon ini juga berbeda dengan merebus ikan pada umumnya. Tidak perlu ditambah dengan banyak bumbu seperti rempah-rempah, cukup rebus saja bersama dengan garam. Dalam merebus ikan salmon ini jangan terlalu lama dan jangan gunakan api yang besar. Semakin lama ikan salmon direbus maka akan semakin banyak kandungan mineral dan vitamin yang ada di dalam ikan salmon tersebut. Cukup rebus sampai empuk saja kemudian sajikan dengan nasi hangat atau dicampur dengan sayuran hijau.