Senin, 29 Februari 2016

Resep Cara Mengolah Ikan Tongkol Masak Santan

Resep Mengolah Ikan Tongkol Masak Santan - Ikan tongkol merupakan salah satu ikan laut yang menjadi favorit keluarga Indonesia. Salah satu masakan ikan tongkol yang lezat dan mudah adalah ikan tongkol masak santan. Cara mengolah ikan tongkol masak santan ini tergolong mudah dan cepat. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional. Selain rasanya yang enak, ikan tongkol juga kaya akan mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh. Terutama baik untuk kesehatan dan perkembangan otak anak-anak dan janin.

cara mengolah ikan tongkol yang enak,resep masakan dari ikan tongkol segar,olahan ikan tongkol praktis,masakan ikan tongkol yang enak,resep masakan bahan dasar ikan tongkol,

Kandungan omega 3 dalam ikan tongkol termasuk salah satu yang terbanyak. Omega 3 ini sangat baik untuk perkembangan dan kecerdasan otak. Ikan tongkol sangat disarankan untuk banyak dikonsumsi oleh anak-anak karena bisa meningkatkan kecerdasan anak. Ibu hamil juga sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi ikan tongkol untuk perkembangan otak janin. Cara mengolah ikan tongkol untuk anak-anak daan ibu hamil sebaiknya hindari untuk memanggang atau mengasapnya. Karena ikan tongkol yag dipanggang atau diasap kandungan omega 3 dan mineralnya sudah berkurang banyak.

Di pasar-pasar tradisional atau di pasar ikan biasanya terdapat dua jenis ikan tongkol yaitu ikan tongkol yng masih segar daan ikan tongkol yang sudah di olah menjadi pindang. Untuk konsumsi anak-anak dan ibu hamil sebaiknya pilih yang masih segar. Karena tongkol yng masih segar kandungan omega 3 nya masih banyak. Tongkol yng masih segar biasanya ditandai dengan warna insang yng merah segar dan tekstur dagingnya terlihat kenyal. Warna mata pada tongkol segar juga jernih dan tidak berbau busuk.

cara mengolah ikan tongkol yang enak,resep masakan dari ikan tongkol segar,olahan ikan tongkol praktis,masakan ikan tongkol yang enak,resep masakan bahan dasar ikan tongkol,

Cara mengolah ikan tongkol yng masih segar sama dengan mengolah ikan laut pada umumnya. Hal pertama yng harus dilakukan adalah membersihkan isi perut iikan tngkol sebelum mengolahnya. Cara membersihkan isi perut ikaan tngkol yaitu belahlah bagian bawah kepala ikan kemudian keluarkan isi perutnya. Setelah dibersihkan isi perutnya, potong-potonglah ikan tongkol agar mudah dalam mengolahnya. Kepala ikan tongkol sebaiknya jangan dibuang karena masih ada dagingnya dan omega 3 dalam kepala tongkol juga banyak.

Resep Ikan Tongkol Masak Santan

Khusus untuk Anda yang ingin mengolah ikaan tngkol segar ada satu resep yng mudah yaitu ikan tongkol masak santan. Cara mengolah ikaan tongkol masak santan ini mudah dan tidak membutuhkan waktu yng lama. Untuk bahan-bahan yng dibutuhkan diantaranya:

Bahan utama:

• 2 ekor ikan tongkol yang masih segar
• Santan dari ½ butir kelapa
• Minyak goreng secukupnya
• Air matang secukupnya
• ½ sendok teh garam
• ½ sendok teh gula pasir
• Jahe 1 cm dimemarkan
• Lengkuas 1 cm dimemarkan
• Daun jeruk 3 lembar
• Daun salam 3 lembar
• Cabe merah 3 buah
• Cabe rawit 3 buah
• Tomat 1 buah

Bumbu-bumbu yang dihaluskan:

• Bawang merah 6 butir
• Kemiri sangrai 3 butir
• Bawang putih 3 butir
• Kunyit 3 cm

Cara mengolah ikan tongkol masak santan yaitu:

1. Bersihkanlah ikaan tengkol, kemudian potong menjadi 4 bagian atau sesuai dengan selera. Selanjutnya ikaan tngkol ini digoreng dengan menggunakan minyak secukupnya sampai setengah matang. Sisihkan ikan tngkol yag sudah setengah matang ini.
2. Tumislah bumbu yng sudah dihaluskan bersama dengan lengkuas, daun jeruk, daun salam, dan jahe sampai mengeluarkan aroma yag harum. Selanjutnya tambahkan irisan cabe merah dan cabe rawit lalu masak sampai layu.
3. Tambahkan ikaan tngkol yag setengah matang ke dalam bumbu lalu aduk rata. Kemudian tambahkan santan daan air secukupnya. Aduk kembali sampai rata daan mendidih. Setelah itu tambahkan garam daan gula secukupnya. Tunggu sampai agak susut. Agar santan tidak pecah sebaiknya aduk terus secara perlahan sampai matang.
4. Sajikan dalam mangkuk selagi masih hangat.
Ikan tongkol masak santan ini bisa disajikan kurang lebih untuk 5 porsi. Waktu yang dibutuhkan untuk memasaknya hanya sekitar 45 menit saja. Untuk menambah cita rasa ikaan tongkol masak santan ini, Anda bisa menambahkan bahan tambahan seperti tahu dan tempe. Selain tahu dan tempe, Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti wortel dan kentang sebagai pelengkap. Penambahan sayuran ini akan menambah nilai gizi dari ikan tongkol masak santan ini. Selamat mencoba ikan tongkol masak santan ini.

Nah begitulah cara mengolah ikan tongkol yang bisa albumcara share,semoga tulisan ini dapat membawa manfaat bagi anda semuanya.