Kamis, 25 Februari 2016

Cara Mengolah Ikan Tuna Rica-Rica

Cara Mengolah Ikan Tuna Rica-Rica - Ikan tuna merupakan sejenis ikan laut yang bentuknya hampir sama dengan ikan tongkol. Ikan tuna mempunyai daging yang empuk dan nikmat untuk di jadikan lauk. Mau diolah seperti apapun ikan tuna tetap mempunyai rasa yang lezat asalkan di panggang terlebih dahulu. Itulah keunikan ikan tuna. Ketika ikan tuna tidak dipanggang terlebih dahulu sebelum di makan, maka rasanya kurang nikmat. Entah itu karena ciri khasnya atau karena iklim di daerah yang mempengaruhi.

cara memasak ikan tuna asam manis,cara mengolah ikan tuna untuk bayi,cara mengolah ikan tuna yang baik,cara mengolah ikan tuna goreng,cara mengolah ikan tuna kalengan,
www.albumcara.com
Berbicara mengenai selera masakan di Indonesia, ikan tuna selalu mewarnai kuliner khas nusantara. Kuliner nusantara selain mengandalkan ikan tuna juga mengandalkan rasa sambal sebagai penyegar masakan. Di daerah Jawa Tengah, ikantuna justru menjadi buronan banyak orang. Selain karena harganya terjangkau, rasanya juga bisa menggoyangkan lidah dan membuat orang semakin ketagihan. Maka dari itu, tidak heran apabila kuliner nusantara memilih tuna sebagai masakan khasnya.

Cara mengolah ikan tuna juga terdapat berbagai varian, ada yang mengolah dengan cara di rica-rica, ada juga yang mengolah dengan cara mangut, ada juga yang hanya sekedar dipanggang kemudian disajikan, tergantung bagaimana selera masing-masing. Akan tetapi dalam tulisan ini akan lebih mengupas bagaimana cara mengolah ikan tuna menjadi rica-rica ikantuna. Ketika mendengar kata rica-rica, mungkin yang terngiang di telinga Anda adalah rica-rica bebek atau rica-rica ayam. Kali ini kita akan menyajikan rica-rica yang berbeda, yaitu rica-rica tuna.

cara memasak ikan tuna asam manis,cara mengolah ikan tuna untuk bayi,cara mengolah ikan tuna yang baik,cara mengolah ikan tuna goreng,cara mengolah ikan tuna kalengan,

Banyak orang yang penasaran mengenai rica-rica tuna ini. Sebab, selain ikan tuna yang mudah rapuh ketika sudah matang, rica-rica juga identik dengan masakan dengan olahan daging kecil-kecil. Khusus untuk ikan yang satu ini, akan lebih nikmat apabila dimasak rica-rica. Sebelum Anda mengolah ikan tuna menjadi rica-rica tuna, perhatikan bahan-bahan yang dibutuhkan sebagaimana berikut ini. 

Resep Ikan Tuna Rica-Rica Ini Untuk Dua Porsi

1. Siapkan 500 gr tuna segar. Usahakan agar ikantuna ini sudah di potong kotak.
2. Siapkan 1 buah jeruk nipis. Peraslah jeruk nipis tersebut.
3. Siapkan garam sebanyak ½ sendok
4. Siapkan gula paris sebanyak ½ sendok
5. Siapkan daun salam sebanyak 2 lembar
6. Siapkan lengkuas sebanyak 5 cm yang sudah dimemarkan
7. Siapkan tari sebanyak 1 batang yang sudah di memarkan
8. Siapkan daun jeruk sebanyak 5 lembar yang tulangnya sudah dibuang
9. Siapkan merica bubuk sebanyak ½ sendok
10. Siapkan 100 ml air
11. Siapkan minyak goreng sebanyak 75 ml yang diperlukan untuk menggoreng ikan dan bahan

Bumbu-Bumbu Tumbuk Kasar:

1. Bawang merah sebanyak 10 butir
2. Bawang putih sebanyak 2 siung
3. Cabai keriting sebanyak 5 buah
4. Cabai merah besar sebanyak 4 buah
5. Cabai rawit merah sebanyak 2 buah
6. Buah tomat merah sebanyak 1 buah

Cara mengolah:

1. Pertama yng harus dilakukan adalah siapkan garam dan air jeruk nipis untuk melumuri ikantuna agar tidak terlalu amis.
2. Setelah itu, tuangkan minyak goreng ke dalam wajan kemudian panaskan dengan ukuran api yang sedang.
3. Gorenglah ikan tuna tersebut hingga berkulit. Ketika sudah berkulit, maka ikantuna sudah matang. Yng perlu Anda lakukan adalah menyisihkannya.
4. Setelah semua ikan tuna selesai di goreng, tambahkan gula pada minyak goreng kemudian aduk hingga gulanya larut.
5. Tambahkan bumbu yang ditumbuk kasar ke dalam minyak goreng yng sudah dilaruti gula tersebut. Aduk hingga bau harumnya sudah terasa.
6. Setelah semua bumbu dimasukkan ke dalam wajan tersebut, maka langkah selanjutnya adalah memasukan ikantuna ke dalam adonan bumbu yng sudah dipanaskan.
7. Aduklah ikantuna bersama dengan bumbu tersebut hingga bumbunya melumuri ikantuna sampai merata.
8. Setelah matang, angkat wajan tersebut dan taruhlah di atas piring.
9. Rica-rica ikantuna sudah siap untuk di santap.
Cara mengolah ikan tuna menjadi rica-rica ternyata tidak sesulit yang Anda bayangkan. Bagi Anda yang belum mengetahui rica-rica tuna ini, dengan resep yang sudah dijelaskan di atas, Anda akan dapat dengan mudah membuat rica-rica tuna. Selain itu, rica-rica tuna juga bisa menambah daftar menu masakan Anda.