Sabtu, 13 Februari 2016

Manfaat Penting dan Cara Mengolah Kulit Manggis Obat Herbal

Manfaat dan Cara Mengolah Kulit Manggis Obat Herbal - Kulit manggis dipercaya memiliki khasiat yang tinggi dalam proses penyembuhan beberapa penyakit yang berbahaya. Kini Anda dapat membeli ekstrak kulit manggis yang biasanya berbentuk kapsul di apotek-apotek di kota Anda. Namun, jika Anda penasaran mengenai cara mengolah kulit manggis obat herbal, Anda dapat mencari informasi mengenai hal tersebut. Informasi tersebut akan sangat bermanfaat untuk memanfaatkan kulit manggis yang buahnya telah Anda beserta keluarga konsumsi.

cara mengolah kulit manggis untuk dikonsumsi,cara mengolah kulit manggis menjadi obat kanker,cara mengolah kulit manggis sebagai obat,cara mengolah kulit manggis menjadi obat diabetes,
Baca juga: Cara mengolah kulit manggis

Kulit manggis yang biasanya hanya Anda buang begitu saja dapat Anda olah menjadi obat herbal yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dengan cara yang mudah dan higienis. Pada dasarnya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengolah kulit manggis menjadi obat herbal. 

A. Beberapa cara mengolah kulit manggis yang dapat Anda lakukan tersebut, antara lain:

1. Mengolahnya menjadi serbuk

Salah satu cara mengolah kulit manggis obat herbal adalah dengan mengolahnya menjadi serbuk. Bagaimana caranya? Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengeringkan kulit manggis di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Setelah itu, tumbuklah kulit manggis yang telah kering tersebut hingga halus. Anda dapat mengkonsumsi serbuk kulit manggis tersebut dengan cara menyeduh beberapa sendok serbuk dengan air panas. Jika Anda ingin mendapatkan cita rasa yang lebih enak, sebaiknya Anda menambahkan madu pada seduhan serbuk tersebut.

2. Mengolahnya menjadi teh kulit manggis

Selanjutnya, Anda dapat mengolah kulit manggis menjadi teh kulit manggis. Untuk mengolah kulit manggis menjadi teh, Anda harus mengiris kulit manggis dengan ukuran kecil dan tipis. Setelah itu, jemur irisan kulit manggis tersebut hingga benar-benar kering. Jika Anda ingin mengkonsumsi teh tersebut, Anda dapat merebus teh tersebut hingga layu. Setelah itu ambil air rebusan tersebut dan minum dengan teratur.

3. Mengolahnya menjadi jus segar

Terakhir, Anda dapat mengolah kulit manggis menjadi jus segar. Bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuat jus ini adalah kulit manggis, gula secukupnya, madu secukupnya, dan air sebanyak satu gelas. Langkah cara mengolah kulit manggis obat herbal menjadi jus segar adalah dengan menyiapkan blander. Selanjutnya, masukkan semua bahan-bahan yang telah Anda siapkan dan blender hingga halus. Setelah itu, tuangkan jus tersebut ke dalam gelas dan jus segar kulit manggis siap dinikmati.

cara mengolah kulit manggis untuk dikonsumsi,cara mengolah kulit manggis menjadi obat kanker,cara mengolah kulit manggis sebagai obat,cara mengolah kulit manggis menjadi obat diabetes,

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengolah kulit manggis menjadi obat herbal. Setelah mengetahui cara pengolahan kulit manggis tersebut, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi kulit manggis dengan teratur. 

B. Beberapa manfaat kulit manggis tersebut, antara lain:

1. Sebagai obat anti kanker

Salah satu manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh manusia adalah sebagai obat anti kanker. Menurut penelitian yang telah dilakukan, kulit manggis ternyata mengandung zat penting yaitu zat xanthone. Zat ini bersifat sebagai anti proliferasi danapoptosis. Hal ini berarti kulit manggis memiliki kandungan pemusnah penyakit kanker secara masal. Dengan mengkonsumsi kulit manggis dengan teratur, seseorang akan terhindar dari penyakit kanker. Jika penderita kanker mengkonsumsi kulit manggis ini, maka dapat mencegah peningkatan stadium penyakit kanker yang dideritanya.

2. Menguatkan sistem imunitas pada tubuh manusia

Selain mengandung zat xanthone, kulit manggis juga mengandung anti oksidan yang tinggi. Anti oksidan tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan pada tubuh manusia terhadap berbagai penyakit dan radikal bebas yang mungkin saja menyerang tubuh manusia.

3. Mengurangi derita penderita diabetes

Bagi Anda yang menderita diabetes, ada baiknya jika Anda mencoba mengkonsumsi kulit manggis dengan teratur. Hal ini sangat baik karena kulit manggis berkhasiat untuk membawa dan mengurangi kadar gula pada darah melalui jalan air seni. Jika kadar gula berkurang, maka derita yang dihadapi oleh penderita diabetes juga akan berangsur-angsur berkurang.

Baca Juga : Cara Mengolah Sarang Semut

Demikianlah informasi penting tentang cara mengolah kulit manggis obat herbal dan beberapa manfaat mengkonsumsi kulit manggis dengan teratur. Setelah mengetahui manfaat tersebut, apakah Anda tertarik untuk mengkonsumsinya dengan teratur? Untuk mendapatkan khasiat tersebut, tentu Anda harus konsisten dalam mengkonsumsi kulit buah yang satu ini.