Sabtu, 27 Februari 2016

Tips Membersihkan dan Cara Mengolah Lobster Bakar

Tips Membersihkan dan Cara Mengolah Lobster - Ada banyak jenis seafood yang memiliki cita rasa lezat untuk diolah menjadi berbagai macam masakan. Salah satunya adalah lobster yang memiliki bentuk hampir menyerupai udang, namun memiliki cangkang yang lebih besar dan keras dibanding udang. Lobster merupakan salah satu sea food yang cukup sulit untuk diolah, oleh karena itu untuk memasak lobster Anda harus tahu cara mengolah lobster yang tepat agar tidak mengurangi rasa lobster yang sudah nikmat. Anda harus mengetahui trik khusus mengolah lobster, agar Anda bisa memiliki olahan lobster yang sempurna.

cara mengolah lobster kecil,cara mengolah lobster laut,cara mengolah lobster air tawar,cara memasak lobster asam manis,cara mengolah lobster yang enak,cara mengolah lobster goreng,
www.albumcara.com
Sebelumnya, alangkah lebih baik jika kita tahu akan kandungan dan manfaat dari lobsster terlebih dahulu. Di dalam loobster terdapat beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin B, vitamin B6, vitamin B12, serta vitamin A atau vitamin E. Kemudian ada juga vitamin C yang terdapat pada lobsteer. Selain vitamin, kandungan mineral pada lobster juga beragam seperti kalium, fosfor, magnesium serta seng yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan tentu saja sebagai hewan laut, lobster memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, oleh karena itu llobster sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Sebelum mengolah lobster menjadi berbagai masakan, tentu saja lobsster harus di bersihkan terlebih dahulu bukan? Membersihkan lobsster ternyata memiliki trik tersendiri agar lobsster masih memiliki rasa yang kaya. Biasanya lobsster dibersihkan dengan menggunakan air panas, namun ternyata lobsster sebaiknya dibersihkan dengan menggunakan air dingin yang berisikan es batu. Pertama sekali setelah lobsster dimasukkan ke dalam wadah berisi air es, selanjutnya dengan menggunakan sikat berbulu lembut yang berguna membersihkan kotoran dalam kulit lobsster. Lalu Anda bisa meletakkan lobsster dengan posisi terbalik pada talenan, dengan posisi bawah menghadap keatas.

Untuk informasi bagi Anda, dalam membersihkan lobsster setelah lobester dimatikan Anda hanya memiliki waktu sekitar 5 menit untuk mengolah lobsster tersebut. Setelah itu, dengan menggunakan pisau Anda bisa memotong bagian sendi antara kepala dan tubuh untuk mematikan syaraf utama pada lobsster sehingga lobsster akan mati dengan sendirinya. Lalu, putar searah jarum jam, kemudian Anda bisa memotong bagian ekor lobsster dan potong bagian kaki dan tangan lobsster. Untuk bagian sisa yang belum terpotong, Anda bisa menggunakan gunting untuk mendapatkan bagian daging lobsster yang masih utuh. Setelah itu, Anda bisa mengolah daging lobsster menjadi berbagai macam aneka masakan.

Cangkang lobester memang tidak bisa dimakan karena teksturnya yang sangat keras, namun Anda bisa memasak cangkang lobester untuk mendapatkan kaldunya yang lezat. Dibandingkan dengan menggunakan kaldu instan saat Anda memasak lobester, alangkah baiknya jika Anda menggunakan kaldu lobester hasil perebusan cangkang lobster. Nah, berikut akan kami berikan Anda sebuah resep lobster yang bisa menjadi inspirasi Anda hari ini, yaitu lobster bakar. Cara memasaknya yang mudah tidak akan menghabiskan waktu Anda dalam mengolahnya.

Bahan-Bahan Cara Mengolah Lobster Bakar


cara mengolah lobster kecil,cara mengolah lobster laut,cara mengolah lobster air tawar,cara memasak lobster asam manis,cara mengolah lobster yang enak,cara mengolah lobster goreng,

1. 1 ekor lobster
2. Bawang putih sebanyak 5 siung
3. Kemiri sebanyak 3 butir
4. Kunyit sebanyak 2 ruas jari
5. Jahe sebanyak 2 ruas jari
6. Garam
7. Gula pasir
8. Cabe merah sebanyak 5 buah
9. Cabe rawit sebanyak 6 buah
10. Terasi

Untuk bahan pelengkapnya adalah:

1. Daun salam sebanyak 3 lembar
2. Lengkuas sebanyak 3 ruas jari
3. Santan encer sebanyak 300 ml
Untuk memasak lobster bakar ini cukup sederhana, yaitu:
1. Setelah lobster dicuci belah bagian punggung lobster dari arah ekor ke arah punggung.
2. Kemudian bumbu yang telah dihaluskan di tumis sampai masak dan beraroma harum.
3. Lalu tuangkan santan encer ke dalam bumbu tumisan.
4. Masukkan daun salam beserta dengan lengkuas serta lobster.
5. Lalu rebus lobster dan tutup panci agar bumbu meresap sempurna ke dalam lobster, dan air menyusut sampai setengah.
6. Kemudian angkat lobster dan biarkan bumbunya di dalam wajan.
7. Siapkan panggangan dan bakar lobster di atas bara api dan oleskan sisa bumbu pada lobster. Biarkan sampai bumbu mengering dan lobster matang.
8. Angkat dan sajikan.
Demikianlah cara mengolah lobster dan tips membersihkan lobster yang benar agar cita rasa lobster tetap enak dan lezat. Selamat mencoba.