Sabtu, 20 Februari 2016

Cara Mengolah Mahkota Dewa Dengan Tepat

Tips Cara Mengolah Mahkota Dewa Dengan Tepat - Tanaman mahkota dewa memang sudah lama sekali familiar di negeri China khususnya yang bernama yakni Shian Tao. Bahkan masyarakat China pun sudah lama memanfaatkannya untuk dijadikan tanaman obat. Umumnya mahkota dewa ini diracik berbentuk ramuan untuk obat gajin. Adapun manfaatnya ini sangat beragam, di antaranya untuk antioksidan, anti radang, penurun kolesterol, penghilang rasa nyeri, penurun panas, dan lain sebagainya.

cara mengolah mahkota dewa untuk kesehatan,cara mengolah mahkota dewa sebagai obat,cara mengolah mahkota dewa untuk obat,cara mengolah mahkota dewa untuk obat kanker,dewa menjadi obat,
www.albumcara.com
Di nusantara sendiri, tanaman mahkota dewa ini banyak dikenal di Irian Jaya, khususnya di Papua. Awalnya, tanaman mahkota dewa banyak ditakuti karena terkenal beracun. Selain itu, masyarakat juga menganggapnya sebagai gulma. Dengan seiring berjalannya waktu, maka masyarakat pun memanfaatkannya untuk dijadikan tanaman hias karena bunga tanaman ini yang begitu harum dan cantik serta termasuk tanaman obat dengan khasiatnya yang begitu ampuh. Sebenarnya cara mengolah mahkota dewa cukup mudah, kami akan membagikannya bagaimana cara pengolahan yang tepat di bawah ini!

A. Pengolahan Bagian Daun Mahkota Dewa

Salah satu bagian yang terdapat pada tanaman mahkota dewa yang banyak dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai obat yaitu bagian daun. Adapun daun mahkota dewa ini berkhasiat untuk dapat mengobati berbagai macam penyakit, contohnya disentri, tumor, eksim, lemah syahwat dan sebagainya. Adapun cara mengolah mahkota dewa untuk daunnya sangat sederhana hal ini tergantung dari jenis penyakit apa yang akan diobati. Contohnya untuk mengatasi eksim, maka langkahnya begitu sederhana, yaitu dengan melumatkan bagian daun dari tanaman mahkota dewa ini lalu dibalurkan ke area kulit eksim hingga 2 kali sehari. Sementara untuk penyakit alergi dan disentri sendiri diolah dengan cara direbus lalu diminum.

B. Pengolahan Bagian Batang Mahkota Dewa

Selain daun, bagian batang tanaman mahkota dewa sendiri banyak dimanfaatkan sebagai tanaman herbal. Adapun bentuk fisik dari batang tanaman ini berbentuk bulat yang memiliki permukaan yang kasar, dengan warna cokelat serta berkayu. Disamping itu, mempunyai sistem percabangan yang simpodial. Pada bagian batang tersebut bergetah serta dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya kanker tulang. Untuk mengolah bagian batang mahkota dewa ini sangat sederhana. Di mana batang tanaman mahkota dewa ini dikuliti terlebih dulu lalu dikeringkan dan direbus. Kemudian air rebusan inilah yang dimanfaatkan untuk dijadikan obat herbal.

cara mengolah mahkota dewa untuk kesehatan,cara mengolah mahkota dewa sebagai obat,cara mengolah mahkota dewa untuk obat,cara mengolah mahkota dewa untuk obat kanker,dewa menjadi obat,

C. Pengolahan Bagian Buah Mahkota Dewa

Nah, bagian buah mahkota dewa inilah yang banyak dimanfaatkan untuk dijadikan obat herbal. Adapun buah mahkota dewa ini memiliki nama ilmiah yakni Simplisia Phaleriae Fructus, yakni mempunyai bentuk fisik yang bulat berwarna hijau ketika belum matang dan merah begitu cerah ketika matang. Bagian buah pada mahkota dewa ini terdiri atas kulit buah, cangkang biji buah, daging buah serta biji buah itu sendiri. Namun yang paling wajib dihindari pada bagian batang ini yaitu biji buah karena tergolong cukup beracun. 

Tips cara mengolah mahkota dewa untuk buahnya sendiri terbilang cukup mudah. Umumnya daging buah mahkota dewa yang masih segar di potong hingga kecil-kecil lalu dikeringkan. Jika sudah kering, maka daging buah pada tanaman mahkota dewa ini bisa direbus, pada pengobatan penyakit tertentu umumnya dicampur bahan obat yang lainnya. Kemudian air dari hasil rebusan ini lalu dikonsumsi. 

Khasiat buah tanaman mahkota dewa biasanya banyak digunakan agar menyembuhkan dan mengobati berbagai macam penyakit, seperti reumatik, diabetes, kanker rahim, kanker payudara, disentri, hepatitis, asam urat dan lain sebagainya. Adapun untuk Anda yang ingin lebih praktis, kini sudah tersedia produk instan dari teh buah tanaman mahkota dewa dengan bahan dasar daging dan kulit buah mahkota dewa. Agar bisa memperoleh khasiatnya ini, Anda cukup menyeduhnya memakai air panas. 

Itulah beberapa khasiat yang terkandung pada tanaman mahkota dewa yang begitu bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Disamping itu, cara mengolah mahkota dewa ini sangat mudah dan praktis untuk dicoba. Anda bisa memanfaatkan bagian buah, batang maupun bagian daun mahkota dewa. Anda bisa memilih salah satu dari ketiga bagian tanaman mahkota dewa ini. Semoga ulasan ini bermanfaat!