Sabtu, 27 Februari 2016

Resep dan Cara Mengolah Sarang Walet Menjadi Sup Super Lezat

Resep dan Cara Mengolah Sarang Walet - Cara mengolah sarang walet secara sederhana dapat Anda lakukan dengan memasak bahan tersebut menjadi sup. Langkah pengolahannya pun sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu. Sup sarang walet ini dapat dikonsumsi oleh siapa saja tanpa terkecuali, baik anak-anak maupun orang tua. Bahkan ibu hamil akan lebih terjaga kesehatannya jika mengonsumsi sup ini secara rutin.

cara mengolah sarang walet menjadi minuman,cara mengolah sarang walet menjadi obat,cara mengolah sarang walet menjadi makanan,cara mengolah sarang walet untuk kecantikan,
www.albumcara.com
Sarang walet merupakan sarang yang dibuat oleh burung walet yang mengandung air liur dari burung tersebut. Walaupun demikian, sarang walet ini sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit jika dikonsumsi secara rutin. Namun, cara mengonsumsinya tetap harus mengolahnya menjadi masakan matang terlebih dahulu supaya lebih nikmat ketika disantap.

Walaupun cuma sarang walet, ternyata harganya cukup mahal. Di pasaran, per ons bisa mencapai satu juta lebih untuk mendapatkan sarang yang berkualitas bagus. Mungkin karena segudang khasiat yang terkandung di dalam sarang walet ini yang membuat harganya melambung tinggi. Walaupun mahal, sampai saat ini sarang walet tetap diburu oleh banyak orang di Indonesia, bahkan di dunia.


cara mengolah sarang walet menjadi minuman,cara mengolah sarang walet menjadi obat,cara mengolah sarang walet menjadi makanan,cara mengolah sarang walet untuk kecantikan,

Tahapan Cara Mengolah Sarang Walet Menjadi Sup Super Lezat

Tips memilih sarang walet, antara lain:

1. Aroma sarang walet yang asli mempunyai karakteristik seperti halnya bau telur mentah.
2. Sarang burung walet yang berkualitas baik idealnya setelah dibersihkan tidak terdapat bulu burung walet.
3. Warna sarang walet bermacam-macam, seperti orange, merah, kuning, dan putih. Namun untuk warna putih, biasanya warnanya hampir mirip seperti putih gading. Untuk semua warna sarang walet ketika direndam air, maka warna tersebut akan berubah menjadi lebih terang.
4. Kondisi sarang burung walet yang baik ketika masih kering akan mudah patah, sedangkan setelah dibasahi tidak mudah pecah dan mudah dibengkokkan.
5. Kemurnian sarang walet terlihat ketika direndam dan air rendaman tersebut harusnya tetap bening transparan.
6. Sarang walet yang berkualitas pada umumnya jika direndam air, maka akan mengembang sebanyak 3 kali dari ukuran semula.

Bahan utama yang perlu disiapkan untuk membuat sup sarang walet, antara lain:

1. Sarang walet sebanyak 50 gram (rendam dengan air hangat supaya mengembang).
2. Bihun kering sebanyak 50 gram (rendam dengan air hangat supaya lentur).
3. Jamur kuping sebanyak 50 gram (rendam dengan air hangat kemudian potong sesuai selera).
4. Telur puyuh sebanyak 10 butir (direbus lalu dikupas kulitnya).
5. Ayam sebanyak 200 gram (direbus dan potong sesuai selera, kemudian air sisa rebusan jangan dibuang karena untuk kaldu).
6. Tepung maizena sebanyak dua sendok teh (Campur dengan air sebanyak tiga sendok makan).
7. Telur sebanyak satu butir (ambil putih telurnya saja).
8. Air bersih secukupnya.
9. Minyak goreng sebanyak tiga sendok makan (untuk menumis).

Bahan bumbu sup sarang walet yang harus dihaluskan, antara lain:

1. Bawang putih sebanyak empat siung.
2. Merica butir sebanyak setengah sendok teh.
3. Garam sesuai selera Anda.
4. Gula pasir sesuai selera Anda.

Cara mengolah sarang walet menjadi sup, yaitu:

1. Taruhlah wajan di atas nyala api yang kecil. Kemudian tuangkan minyak goreng dan tunggu hingga minyak panas.
2. Setelah itu, masukkan dan tumislah bumbu halus hingga beraroma harum.
3. Setelah tumisan matang, kemudian tambahkanlah air sisa rebusan ayam dan jika kuahnya kurang, maka tambahkan lagi dengan air bersih secukupnya. Semua bahan utama juga dimasukkan kecuali putih telur dan cairan tepung maizena. Tunggu hingga mendidih.
4. Setelah mendidih, barulah putih telur dimasukkan dan untuk mengentalkan kuah sup, maka masukkan juga cairan maizena.
5. Tunggu hingga putih telur matang dan kuah mengental.
6. Sajikan selagi masih hangat.
Demikianlah resep dari kami mengenai cara mengolah sarang walet menjadi sup yang lezat. Sup ini bisa disajikan sebagai menu makanan sehari-sehari. Sup sarang walet juga sangat baik bila dikonsumsi oleh ibu hamil, anak-anak dan orang tua untuk menambah stamina dan meningkatkan sistem imun tubuh. Sarang walet juga sangat bagus untuk para perokok, karena bisa membersihkan sistem pernapasan dan menguatkan paru-paru. Sekian ulasan dari kami tentang sup sarang walet. Semoga bermanfaat.