Kamis, 18 Februari 2016

Manfaat dan Cara Mengolah Singkong Goreng Pulen Yang Enak

Manfaat dan Cara Mengolah Singkong Goreng Pulen - Singkong memang kurang populer dan tidak sepopuler kue dan roti pada umumnya. Namun jika dirasakan, singkong mempunyai cita rasa yang nikmat dan lezat jika Anda tahu cara mengolah singkong tersebut. Singkong dapat diolah menjadi menu yang sangat enak, bahkan jika Anda kreatif, masakan berbahan dasar singkong bisa menembus sampai bisnis restoran berbintang lima. Masyarakat Indonesia, sering mengolah singkong menjadi sajian geplak, singkong goreng, singkong keju, gethuk dan lainnya masakan khas Indonesia. Selain singkong dapat makan sebagai pengganti nasi karena mengenyangkan, singkong juga mempunyai banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

cara mengolah singkong jadi makanan enak,cara mengolah singkong menjadi kripik,cara mengolah singkong biar empuk,cara mengolah singkong menjadi tepung tapioka,cara mengolah singkong menjadi keripik,
www.albumcara.com
singkng atau sering disebut dengan ubi kayu merupakan keluarga tanaman dari euphorbiaceae. Tanaman ini hanya hidup secara tahunan di daerah yang mempunyai iklim tropis serta subtropis. Perlu Anda tahu, singkng pertama kali dikenal di negara Amerika Selatan setelah jaman prasejarah. Saat ini, banyak spesies singkng modern yang dikembangkan serta dibudidayakan serta bahkan bisa ditemukan secara liar di Brasil Selatan. Di Indonesia, tanaman singkng banyak dibudidayakan guna memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga serta kebutuhan industri.

A. Manfaat Mengkonsumsi Singkong Goreng

singkng merupakan salah satu bahan makanan yang dapat diolah dengan baik. singkng mengandung karbohidrat yang tinggi sama seperti nasi serta mempunyai kalori yang tinggi. Bahkan menurut penelitian, kalori pada singkng lebih banyak daripada kalori pada kentang. Selain itu, singkng juga mengandung vitamin B kompleks serta vitamin folates, thiamin atau vitamin B-6 serta lainnya yang mampu membantu pertumbuhan serta produksi sel darah merah. Namun sebaiknya jangan mengkonsumsi singkng rebus secara berlebihan karena banyak penelitian yang membuktikan tentang bahaya ini.

Bahwa banyak penelitian yang mengatakan makan yang mempunyai kandungan karbohidrat, kentang serta singkng jika digoreng akan merangsang pemicu pertumbuhan kanker bernama akrilamida. Nah, untuk itu meskipun cara mengolah singkng goreng pulen itu mudah serta enak, sebaiknya hindari jika memakannya secara terus menerus.

cara mengolah singkong jadi makanan enak,cara mengolah singkong menjadi kripik,cara mengolah singkong biar empuk,cara mengolah singkong menjadi tepung tapioka,cara mengolah singkong menjadi keripik,

B. Tips Memilih Singkong Berkualitas Sebelum diolah

Sebelum Anda memilih atau memasak makanan berbahan dasar singkong, Anda harus mengetahui terlebih dahulu, tips memilih sinkong dengan kualitas baik. Sebab singkong yang berkualitas baik akan mempengaruhi masakan dan pemenuhan kebutuhan untuk tubuh. Berikut ini tips memilih singkong berkualitas baik:
1. Pilihlah singkong dengan ukuran sedang artinya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.
2. Perhatikan tanah yang menempel pada kulit singkong. Jika belum kering menandakan singkong memiliki kualitas bagus jika diolah.
3. Pilihlah singkong dengan warna putih atau krem karena memiliki tekstur empuk.
4. Jika ujung pangkalnya mempunyai warna biru, dan terdapat lingkaran hitam serta keras maka singkong sudah disimpan lama.
5. Jika memetiknya di kebun maka, pilihlah sinkong dengan daun 7 atau 9, sebab jika direbus rasanya akan empuk.

C. Cara Memasak Singkong Goreng Pulen

Cara mengolah singkong yang enak lebih baik dibuat menjadi sajian makanan singkng goreng, karena rasanya akan asin, empuk manis menjadi satu. Selain itu, singkong goreng dapat dinikmati ketika menonton TV dengan segelas teh hangat bersama keluarga. Apalagi ketika udara sedang dingin juga hujan gerimis juga bahannya pun dengan mudah dapat di beli di pasar. Berikut ini cara memasak singkng goreng pulen:

Bahan memasak singkong goreng pulen:

1. 1 kg singkong
Bumbu singkong goreng pulen:
1. 1 sendok teh ketumbar bubuk
2. 2 sendok teh garam
3. 6 siung bawang putih
4. Air secukupnya
5. Minyak goreng secukupnya

Cara mengolah singkong goreng pulen:

1. Pertama-tama, kupas singkong juga dipotong menjadi 2 bagian lalu dicuci sampai bersih dan ditiriskan.
2. Kemudian haluskan bawang putih juga campur dengan ketumbar bubu, garam dan air secukupnya.
3. Selanjutnya panaskan air juga masukkan singkng tunggu sampai mendidih dan angkat tiriskan.
4. Singkong dicampur menggunakan bahan yang sudah dihaluskan hingga merata dan tunggu beberapa menit.
5. Panaskan api sampai benar-benar panas, goreng sinkong satu persatu dan angkat jika warna sudah kekuningan.
6. Angkat dan tiriskan singkong juga singkong siap dinikmati.
Dalam memasak singkong ini ada beberapa cara pertama sinkong direbus terlebih dahulu atau tidak direbus. Namun jika hasilnya ingin empuk dan pulen, sebaiknya direbus terlebih dahulu. Nah, demikianlah cara mengolah singkong goreng dengan rasa yang pulen dan nikmat. Selamat mencoba.