Sabtu, 12 Maret 2016

Cara Mengolah Lobak Yang Benar

Cara mengolah lobak memang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja asal tahu cara mengolahnya dengan baik dan benar. Lobak sendiri termasuk di dalam keluarga cruciferae yang merupakan tumbuhan sejenis umbi yang hampir sama dengan wortel. Memang hampir mirip dengan wortel, namun lobak mempunyai kulit yang warnanya putih. Selain bisa dikonsumsi sebagai bahan makanan, lobak juga mempunyai kaya manfaat terutama untuk kesehatan. Bahkan ibu yang sedang hamil pun bisa mengkonsumsi lobak tersebut karena memang lobak sangat baik bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Bagi ibu hamil yang ingin mengkonsumsi lobak maka harus mempertimbangkan kebersihannya jika tidak maka bisa menimbulkan penyakit.

cara mengolah lobak supaya tidak pahit,cara mengolah lobak agar tidak pahit,cara mengolah lobak yang benar,cara mengolah lobak merah,resepi sup lobak merah berkrim,resepi lobak putih masak lemak,
Baca juga: Proses Atau Cara Mengolah Kopi Robusta Yang Enak

Resep Membuat Lobak Sup Bening

Mungkin lobak dibuat sayur bening akan sangat bermanfaat terutama untuk ibu hamil atau anak-anak dalam masa pertumbuhan. Berikut cara mengolah lobak menjadi sup bening:

Bahan utama lobak sup bening:

1. 300 gram lobak putih sudah dipotong
2. 250 gram rebung muda sudah direbus
3. 500 ml air
4. ½ sendok teh lada butir
5. ½ sendok teh penyedap rasa
6. 1 sendok makan gula pasir
7. 1 buah tomat sudah diiris
8. 1 batang serai yang diambil tengahnya
9. 1 buah bawang bombay sudah diiris kasar
10. 1 batang daun bawang sudah dipotong
11. 1 ½ sendok makan garam
12. 2 lembar daun salam
13. 2 siung bawang putih sudah dihaluskan
14. 4 butir bawang merah sudah dihaluskan
15. 4 sendok makan minyak goreng

Cara mengolah lobak putih menjadi sup bening:

1. Pertama-tama, siapkan panci lalu masukkan air kaldu dan didihkan.
2. Kemudian, masukkan lobak putih, daun salam, rebung muda dan serai lalu dimasak hingga setengah matang, angkat lalu sisihkan.
3. Selanjutnya, panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang bombay dan bawang merah, tomat, gula pasir serta penyedap rasa. Aduk semua bahan sampai tercampur merata hingga tercium aroma yang wangi.
4. Tuangkan air secukupnya dan masukkan lobak putih, daun salam, dan serai dan tunggu hingga mendidih lalu sajikan.`

cara mengolah lobak supaya tidak pahit,cara mengolah lobak agar tidak pahit,cara mengolah lobak yang benar,cara mengolah lobak merah,resepi sup lobak merah berkrim,resepi lobak putih masak lemak,

Lobak sendiri tumbuh di tanah yang mengandung banyak bakteri. Oleh sebab itu, bisa menyebabkan penyakit pada bagian pencernaan. Bakteri yang ada pada lobak yaitu bakteri e coli atau salmonella. Bakteri salmonella atau e-coli bisa mencemari lobak yang mentah ketika proses pertumbuhannya. Untuk itu, sangat disarankan mencuci lobak dengan benar agar dapat mengurangi atau meminimalisasi resiko dari terjangkitnya bakteri. Dalam beberapa kasus yang pernah terjadi, dengan mengkonsumsi lobak ketika masih mentah bisa menyebabkan rasa mual, sakit perut bahkan demam.

Tips Memilih Lobak Dengan Baik

Agar Anda mendapatkan nutrisi yang banyak dari lobak, sebaiknya ikuti tips memilih lobak yang baik berikut ini:
1. Pilihlah lobak yang segar dengan ciri daunnya masih segar dan tidak layu, warnanya terang tidak lembek atau cacat.
2. Simpanlah lobak dalam kulkas dalam kondisi yang kering.
3. Cuci bersihlah lobak sebelum diolah, letakkan di bawah air yang mengalir sambil digosok-gosok menggunakan sikat sampai bersih dan halus.
4. Agar lebih matang, sebaiknya lobak dipotong dengan ukuran kecil.
5. Lobak hanya cukup dimasak kira-kira 5 menit dengan dikukus atau direbus agar nutrisinya masih terjaga.
Dalam kasus lainnya akan menjadikan infeksi toksoplasmosis atau bakteri yang bisa menular kepada bayi ketika ibu hamil mengkonsumsi lobak dalam keadaan kotor. Bahkan jika sudah menular ke bayi masalah kesehatan sang bayi bisa dirasakan dalam jangka waktu yang sangat panjang. Maka dari itu, bagi Anda ibu hamil yang mengkonsumsi lobak lebih baik rajin berkonsultasi dengan dokter Anda. Selanjutnya mintalah dokter untuk menguji infeksi toksoplasmosis dan minta obat agar penyebaran infeksi tersebut bisa diperlambat.

Sebab, infeksi toksoplasmosis yang menyerang ibu hamil dapat mengakibatkan keguguran pada ibu yang sedang hamil, bayi lahir secara prematur, bayi lahir dengan cacat dan yang lebih parah bisa menyebabkan kematian janin di dalam perut bayi. Demikian cara mengolah lobak dibuat sup bening yang benar, semoga informasi ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih.