Sabtu, 12 Maret 2016

Cara Mengolah Rebung Menjadi Lumpia Yang Enak

Cara mengolah rebung menjadi lumpia - Anda pasti sudah tidak asing dengan rebung. Bahan makanan ini merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Bahkan di Semarang, rebung digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat isian lumpia. Bahkan isian lumpia dari Semarang ini sudah sangat populer dan menjadikan rebung menjadi semakin terkenal. Selain dibuat untuk isian lumpia, rebung juga dapat dimanfaatkan untuk olahan makanan yang lainnya. Mulai dari sayur lodeh, tumis rebung dan lain sebagainya.

cara membuat lumpia rebung,cara membuat lumpia rebung goreng,cara membuat lumpia isi rebung,resep lumpia rebung,resep lumpia rebung ncc,resep lumpia rebung enak,resep lumpia basah isi rebung,
Baca juga: Cara Mengolah Lidah Buaya Untuk Rambut Racikan Sendiri di Rumah

Cara mengolah rebung memang dapat Anda praktekkan. Karena rebung ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Mulai dari kandungan serat yang cukup tinggi, vitamin A, protein, lemak, karbohidrat, vitamin C, kalium dan sebagainya. Kandungan gizi yang ada di dalam rebung ini juga memiliki khasiat untuk mencegah beberapa penyakit berbahaya seperti penyumbatan pembuluh darah, jantung koroner, diabetes melitus, kanker usus besar, kolesterol tinggi dan banyak lagi yang lainnya. 

Rebung adalah sayuran yang diolah dari tunas bambu muda. Walau terlihat sederhana dan kurang menarik, Anda dapat mencoba membuat rebung menjadi olahan bahan makanan. Karena memang kandungan gizinya cukup tinggi. Tidak rugi jika Anda ingin mencoba memasak olahan rebung ini. Cara mengolah makanan dari rebung ini masih banyak dihindari karena banyak orang tidak menyukai aroma khas rebung yang sedikit mengganggu. Tetapi, ada cara tersendiri untuk menghilangkan aroma khas rebung dan menjadikan olahan rebung ini menjadi menggugah selera.

cara membuat lumpia rebung,cara membuat lumpia rebung goreng,cara membuat lumpia isi rebung,resep lumpia rebung,resep lumpia rebung ncc,resep lumpia rebung enak,resep lumpia basah isi rebung,

Cara mengolah rebung agar tidak memiliki aroma khasnya ternyata dapat dilakukan dengan mudah. Hal-hal yang dilakukan sangatlah sederhana tetapi jarang sekali dipraktekkan dengan benar oleh masyarakat sehingga membiarkan rebung memiliki aroma yang cukup tajam dan biasanya akan mengurangi selera makan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada rebung:

Cara Menghilangkan Aroma Tidak Sedap Pada Rebung

- Merebus
Cara mengolah rebung yang pertama adalah dengan menggunakan teknik merebus. Tentunya teknik ini sudah cukup sering digunakan oleh orang-orang yang memang menyukai rebung sehingga sudah cukup paham menggunakan teknik ini. Anda hanya perlu merebus rebung yang sudah dikupas dan dicuci dengan bersih ke dalam air mendidih selama 10 hingga 15 menit. Jika sudah, buang airnya dan rebung tersebut ditiriskan.
- Merebus menggunakan air kelapa
Anda dapat menggunakan air kepala untuk membuat rebung menjadi tidak memiliki aroma menyengat. Serupa dengan cara merebus pada umumnya. Anda juga perlu memanaskan air kelapa terlebih dahulu hingga mendidih baru masukan rebung yang sudah bersih. Cara ini dapat memberikan dua keuntungan. Yang pertama adalah menghilangkan aroma yang menyengat pada rebung dan keuntungan yang kedua adalah rebung akan memiliki citarasa yang lebih lezat dibandingkan dengan teknik perebusan dengan air biasa.
- Merendam dengan air garam
Cara mengolah rebung selanjutnya adalah merendam rebung yang sudah bersih dengan air garam selama 20 hingga 30 menit. Rebung nantinya tidak hanya bebas bau yang menyengat tetapi juga memiliki rasa gurih serta cukup empuk untuk diolah.
- Menggunakan bumbu lengkap
Anda juga dapat menggunakan bumbu-bumbu penghilang bau seperti jahe, daun jeruk, salam dn berbagai macam bahan lainnya.

Resep Membuat atau Mengolah Lumpia Isi Rebung

Cara mengolah rebung untuk membuat isian lumpia yang sedap, Anda dapat membuatnya dengan cara sebagai berikut ini:

Bahan-bahan:

• 250 gram rebung, rebus, iris halus
• 3 sdm minyak goreng
• 4 siung bawang putih, haluskan
• 5 butir bawang merah, haluskan
• 200 ml air
• 200 gram udang rebon, rendam air hangat, tiriskan
• 100 gram wortel, diiris dadu kecil
• 2 batang daun bawang, iris halus
• ½ sdt merica bubuk
• 1 sdt garam
• 2 sdm gula pasir
• 1 sdm kecap manis
• 15 lembar kulit lumpia
• 2 sdm tepung terigu, larutkan dalam air

Cara mengolah untuk saus Tauco dimana semua bahan ini dilakukan proses perebusan hingga kental:

- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 8 buah cabai rawit, iris halus
- ½ sdt garam
- 1 sdm tauco
- 2 sdm irisan gula merah
- 1 sdm air jeruk nipis
- 2 sdm kecap manis
- 200 ml air matang

Cara Membuat atau Mengolah :

1. Panaskan minyak dngan api sedang. Tumis bawang putih dn bawang merah hingga harum dan matang. Masukkan sedikit air dan kembali masukan udang rebon, wortel serta daun bawang. Masukan bumbu yang lainnya. Masak sampai semua bahan matang dan air sudah habis. Dinginkan.
2. Siapkan 1 lembar kulit lumpia, isi dengan tumisan isi lumpia yang sudah didinginkan. Lipat kedua sisi kulit lumpia, gulung dn kemudian rekatkan dengan larutan tepung terigu. Buat hingga kulit lumpia habis dan isi lumpia juga habis.
3. Goreng lumpia hingga menjadi kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Lumpia siap dihidangkan dengan saus tauco.
Cara mengolah rebung untuk isian lumpia memang sangat mudah dilakukan. Tidak heran sekarang ini banyak sekali orang yang menjual olahan rebung dengn bentuk lumpia. Harga rebung sendiri sangat cukup terjangkau dibandingkan dengan penggunaan ayam serta telur untuk isian lumpia. Dan sensasi memakan rebung untuk isian lumpia juga lebih terasa nikmat dibandingkan lumpia ayam atau telur.