Minggu, 28 Februari 2016

Tips dan Cara Mengolah Ubi Ungu Menjadi Sajian Lezat

Tips dan Cara Mengolah Ubi Ungu - Cara mengolah ubi ungu tak hanya dapat Anda lakukan dengan cara merebusnya, kemudian mengonsumsinya langsung. Namun Anda dapat memberikan inovasi baru dengan mengkreasikan bahan dasar ubi ungu menjadi sebuah suguhan yang lebih nikmat dan lezat, seperti mengolahnya menjadi donat dan es krim. Dengan demikian, ubi ungu akan lebih menarik dan memancing para penikmat makanan untuk segera melahapnya, baik anak-anak maupun orang dewasa.

cara mengolah ubi jalar ungu,cara mengolah ubi jalar menjadi makanan enak,cara mengolah ubi ungu menjadi kue,cara mengolah ubi ungu untuk bayi,cara membuat waffle ubi ungu,
www.albumcara.com
Ubi ungu pada dasarnya adalah bahan makanan yang sangat bergizi. Namun, kebanyakan orang belum bisa mengolahnya dengan baik, sehingga ubi ungu hanya direbus atau digoreng dengan tepung. Mungkin, jika diolah dengan cara seperti itu terus, maka sebagian orang akan bosan untuk mengonsumsi makanan tersebut dan seakan ubi ungu kurang bermanfaat. Untuk itulah perlu kreasi ubi ungu menjadi makanan dan minuman lezat, seperti donat dan es krim.

Banyak yang mengira bahwa cara mengolah ubi ungu menjadi donat dan es krim sangatlah susah. Sebenarnya, untuk mengolah itu semua sangatlah mudah. Hanya saja Anda akan membutuhkan ketelatenan dan kesabaran, karena waktu untuk pengolahannya terbilang cukup lama. Bagi Anda yang masih kebingungan cara membuat donat dan es krim dari bahan dasar ubi ungu, berikut kami lampirkan resep spesial untuk Anda.

cara mengolah ubi jalar ungu,cara mengolah ubi jalar menjadi makanan enak,cara mengolah ubi ungu menjadi kue,cara mengolah ubi ungu untuk bayi,cara membuat waffle ubi ungu,

Donat Ubi Ungu

Bahan utama yang perlu disiapkan, antara lain:
• Ubi ungu sebanyak 300 gram (dikukus dan dihaluskan).
• Tepung terigu sebanyak 300 gram (bisa merek apa saja sesuai keinginan Anda).
• Susu bubuk sebanyak dua sendok makan.
• Ragi instan sebanyak 10 gram atau 1 sachet (bisa merek apa saja sesuai selera).
• Baking powder sebanyak satu sendok teh.
• Gula halus putih sebanyak 50 gram.
• Garam sebanyak setengah sendok teh.
• Telur ayam sebanyak dua butir (ambil kuning telurnya saja).
• Vanili bubuk sebanyak satu sendok teh.
• Mentega sebanyak 75 gram.

Cara membuat donat ubi ungu, yaitu:

1. Semua bahan dicampur hingga merata. Selanjutnya, diuleni hingga kalis dan dibanting-banting selama 30 menit.
2. Kemudian semua adonan dibentuk bulat hingga habis. Namun, bentuk bulatan tersebut jangan terlalu besar. Diamkan sejenak hingga 30 menit.
3. Setelah adonan yang telah dibentuk bulat tampak mengembang, kemudian berilah lubang di tengahnya. Diamkan lagi kurang lebih selama 15 menit.
4. Panaskan wajan di atas api berukuran sedang. Kemudian tuangkanlah minyak goreng agak banyak. Setelah minyak goreng terasa panas, maka gorenglah adonan donat tersebut hingga matang dan berwarna kekuningan. Dalam menggoreng, usahakan adonan terendam oleh minyak goreng supaya matangnya merata.
5. Setelah donat mata, lalu campur dengan gula halus putih dan sajikan.

Es Krim Ubi Ungu

Bahan utama yang perlu disiapkan, antara lain:
• Ubi ungu sebanyak 250 gram.
• Gula pasir atau gula halus sebanyak 150 gram.
• Susu cair sebanyak 150 mililiter.
• Bubuk vanili sebanyak setengah sendok teh.
• Garam sebanyak setengah sendok teh.

Cara membuat es krim ubi ungu, yaitu:

1. Sebelum ubi ungu dikukus, kulitnya harus dikupas dahulu dan dicuci hingga bersih.
2. Kemudian, susu cair dipanaskan bersama dengan gula pasir. Aduk-aduk hingga gula larut.
3. Tambahkan dengan garam dan bubuk vanili. Aduk terus hingga susu cair mendidih. Angkat dan tunggu sampai susu dingin.
4. Selanjutnya, campurkan susu cair tersebut dengan ubi ungu ke dalam blender. Blender hingga semuanya tercampur. Namun, cara pemblenderan jangan sekaligus, melainkan sedikit demi sedikit supaya campuran adonan es krim tersebut lebih merata.
5. Tuangkan adonan yang telah diblender ke dalam wadah atau loyang, kemudian simpan adonan tersebut ke dalam freezer. Tunggu hingga adonan mulai membeku.
6. Sajikan dengan bahan pelengkap yang sudah dipotong kecil-kecil, seperti stroberi atau buah-buahan sesuai selera Anda.
7. Es krim ubi ungu siap untuk Anda nikmati bersama keluarga atau kerabat terdekat.
Itulah resep sederhana dan mudah dari kami mengenai cara mengolah ubi ungu menjadi sebuah sajian yang lezat. Jika Anda akan mempraktekkannya, maka pergunakanlah resep di atas sebagai panduan dalam pengolahannya. Jangan menyerah jika hasil awalnya belum memuaskan. Semakin sering Anda mencoba, semakin baik hasil yang akan didapatkan. Selamat mencoba.